-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Pulau Putri - Tapanuli Tengah

Pulau Putri - Tapanuli Tengah

Written By Unknown on Tuesday 28 January 2014 | 11:01




Pertama kali melihat pulau ini aku seperti tidak percaya. Seperti menyingkap satu rahasia, ternyata ada yang bersembunyi dengan menyimpan keelokan diri. Pulaunya tampak sederhana namun mempesona. Salah satu pulau diantara gugusan pulau yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Termasuk salah satu pulau terkecil. Aku menyebutnya pulau minimax. Mini ukurannya maksimal service nya. Kalau sebuah rumah boleh juga disebut rumah minimalis namun sesuai impian penghuninya.





Pulau ini bernama asli Pulau Putri, atau sebagian menyebutnya Pulau Putih. Mungkin karena salah ucap atau salah dengar sehingga sulit membedakan Putri dan Putih. Urusan nama bukanlah masalah berarti. Kata Putri identik dengan sesuatu yang cantik. Demikian pula Putih, identik dengan keindahan, khususnya jika bernuansa pasir dan pantai. Sama bagusnya.




Tidak salah kiranya nama itu disematkan pada pulau ini. Pulaunya cute. Cukup kecil. Secara keseluruhan, panjang rata-rata tidak lebih dari dua ratus meter dengan lebar seratus meter. Itu pun hanya sekitar sepertiga bagian daratan pantai pasir putih yang dapat dinikmati. Selebihnya tebing. Tentunya tebing yang tidak menyeramkan. Namanya juga pulau mini, jadi semua seakan-akan memang mini.

 



Apa saja yang bisa dinikmati di Pulau? Disini tidak ada penjual makanan dan minuman, tidak ada pentas musik, panggung hiburan, penjual souvenir. Banyak yang tidak ada disini kecuali pasir putih, air laut nan jernih kehijau-hijauan atau kebiru-biruan. Untuk karang hanya titik tertentu saja. Sekedar santai, terjun hingga jungkir balik dalam air, di pulau ini lebih dari cukup. Kalau mau ekstra, seru juga kalau mampu "menelanjangi" keseluruhan isi pulau. Paling tidak berkeliling saja.




Satu sisi Pulau Mursala
 
Secara geografis Pulau Putri bersebelahan langsung dengan Pulau Mursala. Kalau mau berenang langsung bisa saja. Pulau ini juga cocok disebut sebagai anak Pulau Mursala sebab dilihat dari satelit pun tampak seperti seorang anak yang berada di dekat ibunya.
Hampir tidak mungkin seseorang tidak singgah ke Pulau Putri kalau sedang berkunjung ke Pulau Mursala, khususnya Air Terjun Mursala. Pun sebaliknya. Akan terasa kurang sempurna kalau ke Pulau Putri namun tidak sekaligus melihat Air Terjun Mursala. Jaraknya tidak lebih dari setengah jam lagi.




Mau memberi nama apa dengan pulau kecil ini? berdiri tegak mendampingi serta mengawal si Pulau Putri. Sangat kecil, hampir tidak memiliki pantai sendiri. Meski begitu berenang sambil snorkeling mengelilinginya juga memiliki sensasi sendiri.







Akses ke Pulau Putri sama saja seperti ke Pulau Mursala. Hanya saja sedikit lebih dekat. Dari pelabuhan Kota Sibolga sebagai titik terdekat, memakan waktu sekitar satu jam. Tempat ini tentunya dapat juga diakses dari berbagai titik pantai sepanjang pantai barat Tapanuli Tengah dengan jarak yang bervariasi.


Koordinat Lokasi :   1 38' 36'' N, 98o 35' 39'' E
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved