-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Dabuan Bodil, Kolang - Tapanuli Tengah

Dabuan Bodil, Kolang - Tapanuli Tengah

Written By Unknown on Saturday 30 August 2014 | 10:40

Jalan Setapak Menurun Menuju Sungai


Selain kawasan pesisir dan pantai yang variatif, Tapanuli Tengah juga tak habis-habisnya menyuguhkan pilihan lain di daratan, seperti sungai, hutan, dan air terjun. Kali ini kita akan melirik sedikit daerah wisata yang dinamakan Dabuan Bodil.




Bagian sungai ini menjadi yang paling kusuka. Untuk sungai berbatu besar cekungan ini sepertinya paling dalam dan paling besar dari sekian banyak sungai sejenis yang pernah kudatangi di Tapanuli Tengah. Jadi tidak ragu untuk terjun dari ketinggian berapapun.










Kami sedikit kurang beruntung ketika berkunjung pertama kali. Bagian semestinya adalah air terjun. Memang tidak seberapa besar dibandingkan air terjun lainnya. Namun ketika melihat foto seorang teman beberapa waktu silam berfose di air terjun ini, cukup indah juga. Sayang memang karena debit air kecil, situasinya menjadi begini. Menurut masyarakat sekitar bulan-bulan tertentu ketika curah hujan meningkat air terjun akan terbentuk kembali.





Overall, Dabuan Bodil memiliki potensi bagus jika benar-benar diberi sentuhan lebih serius oleh pihak terkait, tentunya dengan tidak mengotak-atik sisi alamiahnya. Jika diperhatikan memang belum banyak sentuhan manusia di sekitar aliran sungai. Semoga ke hulu sungai juga demikian. Asumsi sementara pasti ada air terjun juga di hulu sana. Hingga kini belum terlalu banyak kunjungan dari masyarakat luar daerah. Namun menjadi andalan bagi masyarakat sekitar.


Jembatan Kedua Setelah Jembatan Utama

Dabuan Bodil terletak di Desa Batu Leap Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah. Akses ke tempat ini tergolong mudah. Setidaknya sepeda motor dan mobil masih mampu menerobos medan hingga ke lokasi. Meski jalan sedang dalam tahap perbaikan namun itu bukan masalah berarti. Kolang sendiri berada di jalan lintas Sibolga - Barus, sekitar 22 Km dari Kota Sibolga atau 32 Km dari Kota Pandan.

Tepat di jembatan utama Kolang ada persimpangan sebagai pintu masuk menuju Dabuan Bodil. Jarak dari persimpangan hingga ke lokasi sekitar empat kilometer menyisir jalan yang berada di antara tepi tebing dan sungai.

Koordinat Lokasi : 1o 53' 12'' N, 98o 41' 7'' E
Share this article :

1 comments:

Anonymous said...

Terima kasih telah memberikan ulasan mengenai tempat yang saya kelola. Tempat ini memang menginspirasi, disini saya mendapatkan ide untuk membuat website www.infoalamat.com , yaitu website mengenai alamat-alamt penting di Indonesia.

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved