-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Air Terjun Saluopa, Poso - Sulawesi Tengah

Air Terjun Saluopa, Poso - Sulawesi Tengah

Written By Unknown on Thursday 6 February 2014 | 16:06



Welcome to...

Mendengar cerita ada air terjun tujuh tingkat, rasanya penasaran juga ingin melihat langsung. Setidaknya tempat ini yang menjadi salah satu dalam daftar teratas tempat yang harus dikunjungi jika berada di Sulawesi Tengah. Beberapa bahkan berani mengatakan air terjun terbaik se-Indonesia.

Nama air terjun yang ini adalah Air Terjun Saluopa (Saluopa Waterfall). Terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso atau sekitar 14 kilometer dari Kota Tentena. Jika mengikuti rute yang kulalui dan berhubung karena homebase ku di Poso maka urutan langkah dimulai dari Kota Poso. Ssst... Kita tidak sedang membahas cerita yang tidak menyenangkan tentang nama daerah Poso. Kita cukup fokus pada keindahan alamnya saja.



Jalan Setapak Menuju Lokasi

Menyudahi perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki dari batas terakhir kendaraan bisa parkir. Lebih kurang 400 meter. Tidak terlalu jauh, apalagi jalannya tidak mendaki. Finally, taraaa...





Kalau perumpamaan sebuah rumah, ini adalah pemandangan pintu gerbang hingga pekarangan depan rumah. Tenang, masih lantai nol. Terasnya saja belum tiba. Setidaknya perhatikan saja dulu.








Mulailah menghitung berapa tingkat sebenarnya air terjun ini. Jika kebanyakan orang menyebutnya tujuh tingkat, pada kenyataannya itu hanya ungkapan saja. karena sebenarnya lebih dari tujuh. Sebagian besar pendapat mengatakan ada 12 tingkat sebenarnya. Terlepas dari variasi ketinggian  mulai dari tiga hingga sepuluh meter.


 
what kind of stair?

Jika tidak yakin menjelajah hingga puncak air terjun dengan merayap di bagian sisi-sisi aliran air dan tebing, ada tangga eksotis sebagai alternatif jalur di sebagian sisi air terjun. Tidak semua sisi ada anak tangganya, beberapa bagian hanya bermodalkan akar pepohonan. Masing-masing punya tantangan sendiri.


 
Lukisan Alam yang Mengagumkan


Jumping Point

Bagian ini sudah menginjak lantai 5 dan 6. Salah satu bagian favorit dengan hempasan paling besar dan luas. Sekedar info, ada gua kecil di balik tirai air. Kabar yang berhembus ada sensasi mistis di dalamnya. Itu pun kalau percaya. Kalau tidak, terjun saja sekehendak hati.






Sejenak memandang ke bawah, entah sudah berapa tingkat yang dilalui. Tidak akan ada perasaan letih sama sekali. Bukan hanya karena semua terbayarkan melalui apa yang disaksikan tetapi juga perjalanan sejuk dan menyenangkan senantiasa menemani. elah...





Hampir mencapai puncak. Kalau ingin benar-benar ke puncak tertinggi harus terus menyusuri aliran air. Disini suasana sangat tenang. Aliran dan hempasan air tidak terlalu berisik. Beberapa orang biasa duduk santai disini, menikmati persediaan makanan dan minuman yang sengaja dibawa.






So, menuju tempat ini, secara keseluruhan rute diawali dari Kota Palu saja sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Butuh waktu 5-7 jam menuju Poso jika melewati jalur darat, kalau ingin via udara langsung dari Kota Makassar juga ada menuju Poso. Selanjutnya dari Poso menuju Tentena, sekitar 1,5 hingga 2 jam. Menuju titik air terjun butuh waktu sekitar setengah jam dari pusat Kota Tentena.

Ketika berada dalam perjalanan dari Kota Tentena menuju air terjun, mata akan disuguhkan dengan pemandangan satu sisi Danau Poso. Sebagai catatan, Danau Poso merupakan danau terbesar ke-4 sekaligus terdalam ke-3 di Indonesia. Jadi, bisa dibayangkan pesona yang dimilikinya. Sekilas tampak seperti pemandangan Danau Toba juga dari tepi jalan, tepatnya jika melakukan perjalanan di sekitar Kota Balige. Ada hamparan sawah luas yang berbatasan langsung dengan pantai danau.

Setiba di lokasi, enjoy the movie..
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved