-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Pantai Binasi, Sorkam - Tapanuli Tengah

Pantai Binasi, Sorkam - Tapanuli Tengah

Written By Unknown on Thursday 15 January 2015 | 16:13


Jika seorang penikmat pantai sedang berada di daerah Tapanuli Tengah, patut menyisihkan sedikit waktu berkunjung ke Pantai Binasi. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini tergolong landai dengan pasir lembut dan memiliki panjang seperti tak berujung. Sejauh mata memandang hanya tampak garis pantai putih hingga akhirnya putus dibalik pepohonan.



Bisa dikatakan pantai ini belum mendapat sentuhan magis sebagai salah satu tujuan wisata yang patut diandalkan dari pemerintah. Padahal potensinya sangat besar. Tentu yang paling menonjol menurutku adalah garis pantai yang panjang dan dihiasi pepohonan pinus berbaris-baris.

Sampai kini daerah wisata Pantai Binasi hanya dikelola masyarakat setempat. Sehingga fasilitas yang ada masih seadanya. Sekedar menikmati panganan seafood  atau bersantai menikmati waktu sore dan weekend melepas penat pada gazebo selalu tersedia.

Memang pemerintah sudah berpartisipasi setidaknya dalam bentuk akses jalan yang lebih baik dari beberapa tahun silam serta pembenahan beberapa fasilitas umum standar. Namun, itu saja tidak cukup. Selain pemeliharaan juga perlu peningkatan fasilitas pendukung sebagai wisata ternama.


Kenapa ini tampak seperti tidak terawat? Sebenarnya ketika gambar ini diambil, dahan pohon pinus baru saja dipangkas. Menanti layu untuk dibersihkan sekaligus. Selain itu, memang kebersihan pantai dari sampah alami sedikit susah terbendung, sebab bersumber dari dedaunan mati yang masuk ke perairan. Akibatnya tampak berserakan di pasir pantai.


Apa ini? Hanya intermezo, salah satu ranting buah pinus yang pasrah mati di atas pasir dan rerumputan.



Aku tidak tahu harus menilai apa tentang dermaga ini. Sayang sekali fungsi utamanya tidak dirasakan langsung karena "sakit" yang diderita. Idealnya sebagai tempat kapal bersandar. Meski tidak masalah jika dijadikan juga sebagai tempat memancing atau sekedar menikmati suasana.




Pantai Binasi berada di Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah. Jarak dari Kota Pandan sekitar 50 Km atau 40 Km jika dari Kota Sibolga ke arah Barus. Aksesnya bisa ditempuh selama lebih kurang 1 - 1,5 Jam dari Pandan melalui jalan lintas Sibolga - Barus. Dari jalan lintas kemudian memasuki jalan bawah, istilah sebutan warga karena berada hampir di sepanjang sisi pantai (sisi bawah). Sedangkan jalan atas berarti jalan lintas Sibolga - Barus.

Sepanjang jalan bawah juga memiliki pesona sendiri. Walau jalurnya kecil, namun mata tidak habis-habisnya menikmati pesona alam. Mulai dari persawahan hingga pantai yang berada tidak jauh di sisi jalan.

Akhir pekan atau liburan menjadi puncak keramaian pantai ini. Pengunjung datang tidak hanya dari masyarakat setempat tetapi termasuk dari kota-kota terdekat. Bagaimana? Tertarik menjajal wisata Tapanuli Tengah yang satu ini? 


Koordinat Lokasi : 1o 53' 42'' N, 98o 33' 3'' E
Share this article :

1 comments:

Unknown said...

Mau tanya. Di daerah pantai ini ada tumbuh rumput spinifex atau dikenal rumput angin gak ??

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved