-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Kawah Putih, Ciwidey - Bandung

Kawah Putih, Ciwidey - Bandung

Written By Unknown on Saturday 22 March 2014 | 10:05

Kawah Putih, Katanya Surga yang "Tercecer"


Main Menu
Pintu Gerbang Terdepan Kawah Putih
Penunjuk Jalan Unik
Tangga (turun) Menuju Kawah








Ini dia si objek utama. Kawah Putih. Mestinya Kawah Hijau atau Biru jika dilihat dari warna sebenarnya. Tidak usah, tetap Kawah Putih saja. Kawah putih merupakan sebuah danau hasil letusan Patuha dengan ketinggian 2434 meter. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.


Tangga (naik) dari Kawah

Papan Riwayat dan Saung Kecapi

Suhu Menunjukkan Angka 18o C



Beberapa aktivitas pengunjung di bagian atas sebelum atau sesudah menyinggahi kawah. Ada pertunjukan kecapi tradisional, bisa request. Jika berkenan selipkanlah sedikit uang kepada si pemain. Bisa juga membaca riwayat singkat tentang Kawah Putih, read it to know complete. Serta penunjuk suhu yang masih aktif. Jangan berpikir disini suhu ruangan, disini lumayan sejuk. Siang saja bisa sampai di bawah 10oC pada bulan tertentu.

Lokasi Kawah Putih terletak di Jl. Raya Soreang-Ciwidey, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Eits, itu bukan lokasi Danau Kawah Putih itu. Masih pada pintu gerbang depan. Sedangkan keberadaan kawah sebagai obyek wisata utama yaitu di Jalan Kawah Putih Ciwidey. Perbedaan jarak antara pintu masuk sampai kawah sekitar 5 Km. Jika dari Kota Bandung selancar-lancarnya perjalanan sekitar 1 jam juga. Namun pada saat liburan jangan berharap itu terjadi.

Akses menuju tempat ini sangat mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan umum apalagi kendaraan pribadi roda dua dan empat. Namun terbatas jika ingin langsung sampai lokasi kawah. Kebanyakan parkir di kawasan terdepan. Seterusnya, pengunjung yang telah membayar tiket masuk akan diantar dengan sejenis angkutan pick up modifikasi. Sisanya, yuk jalan kaki sampai lokasi inti.

Satu pendapat menarik, benar bahwa Kawah Putih Gunung Patuha itu berwibawa, karena ketinggiannya dan kesunyiannya, bahwa Kawah putih itu angker, yang melulu karena fumarol belerang pekat yang harus diperhitungkan pada saat angin berhenti berputar. Fenomena lama, tidak seorangpun berada disana tanpa meregang nyawa, burung pun enggan terbang diatasnya. Pendapat tersebut bukan karena faktor horor namun ilmiah, tidak lain karena si belerang. Bahkan jam berkunjung pun sampai kini selalu dibatasi.

Tips: Begitu memasuki kawasan wisata Kawah Putih, bahkan hampir sepanjang jalan menuju Ciwidey, kita akan terpesona oleh si buah merah cantik strawberry serta godaan dari para penjualnya untuk membeli. Jangan langsung membeli pada kesan pandangan pertama. Lebih baik membeli menjelang akhir perjalanan atau saat akan pulang. Kenapa? Percayalah penawaran harga pada saat pertama akan berbeda jauh dengan di tengah bahkan akhir perjalanan. Di sepanjang jalan, pintu gerbang, di tengah keramaian, bahkan mereka pun "mencegat" saat pengunjung akan pulang. Harga yang paling murah tentu "harga sore" yaitu ketika pengunjung akan beranjak pulang. Bayangkan selisih harga bisa turun dari awalnya 20ribu, menjadi 10ribu, 20ribu dapat 3, sampai bisa saja 10ribu dapat tiga.



Koordinat Lokasi : 7o 8' 37'' S, 107o 23' 57'' E
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved