-Thank You for Visiting-
Home » , , , » PLTU Labuan Angin - Tapanuli Tengah

PLTU Labuan Angin - Tapanuli Tengah

Written By Unknown on Thursday 13 March 2014 | 14:59

PLTU Dilihat dari Daratan Utama
Jembatan Penghubung "Pulau"

Gerbang PLTU
Dilihat dari Tengah Laut

Salah satu pembangkit listrik yang ada di Tapanuli Tengah, namanya PLTU Labuan Angin. Sesuai namanya pembangkit listrik ini bermain dengan uap.

Kita tidak sedang ingin membahas tentang kondisi kelistrikan yang mungkin sering padam, sejarah Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan segala lika-liku pengadaan barang dan jasa pembangunan serta operasional PLTU atau MOU PT. PLN (Persero) - Pemerintah Indonesia dengan China terkait PLTU Labuan Angin.

Satu hal menarik yang perlu dinikmati menurutku adalah keberadaan PLTU seakan-akan berada di pulau terpencil di tepi benua. Sesuai dengan jenis pembangkit listrik, lebih ideal jika PLTU yang membutuhkan air dalam jumlah banyak baik untuk direbus menjadi uap maupun untuk proses pendinginan, berada dekat dengan sumber air banyak pula. Meski tidak wajib. Makanya PLTU Labuan Angin terkesan dikelilingi laut. Hanya sisi belakang yang dikawal daratan.

Akses menuju lokasi cukup jauh dari pemukiman masyarakat. Dari jalan utama daerah tepatnya pada gapura terdepan PLTU berjarak lebih dari 10 Km. Sepanjang jalan hanya ada hutan khas pesisir. Terdapat bakau maupun nypa. Pemandangan lain menyisir tepian bukit. Tidak ada lalu lintas lain selain para pekerja PLTU, beberapa masyarakat yang mungkin memiliki kebun. Selebihnya hanya orang yang sengaja jalan-jalan. Bisa dikatakan jalannya cukup tenang. Disitulah sensasinya.

Objek utama sebelum mencapai PLTU tentunya keberadaan jembatan besar yang seolah-olah berada di atas selat kecil yang menghubungkan dua pulau. Keadaannya tenang. Di atas jembatan maupun di bagian bawah. Airnya bersih karena langsung bertemu dengan laut. Menikmati senja maupun memulai hari, bisa menjadi alternatif menenangkan hati.

Koordinat Lokasi : 1o 45' 13'' N, 98o 42' 53'' E
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved