-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Air Terjun Aloban Bair, Poriaha - Tapanuli Tengah

Air Terjun Aloban Bair, Poriaha - Tapanuli Tengah

Written By Unknown on Monday 2 February 2015 | 11:30

Sejujurnya, melihat air terjun satu ini sungguh menjadi sedikit surprise bagiku. Bagaimana tidak, mendengar cerita dari orang sepertinya air terjun ini terkesan biasa saja. Cara orang-orang menjelaskan si air terjun membuat pendengar mungkin tidak tertarik. But in Fact...









Bagian Pertengahan Pemisah Tingkat Air Terjun



Sisi Bawah Dilihat dari Bagian Pertengahan

Air Terjun Utama Tingkat 2

Tampak Beberapa Pengunjung Mandi


Air terjun utama bagian bawah memiliki tinggi sekitar delapan meter dan memiliki kolam paling luas dan dalam. Menjadi bagian paling ramai karena siapapun bisa sampai pada lokasi ini. Sedangkan bagian air terjun sisi atas ketinggiannya sekitar 15 meter. Sayang belum sampai ke puncaknya. Untuk sampai pada sisi air terjun atas ini harus menyusuri sisi tebing. Perlu kehati-hatian ekstra.


Menyisir Sisi Tebing Mencapai Bagian Atas. Hati-hati





This is it. Namanya Air Terjun Aloban Bair, masyarakat lebih akrab menyebutnya Air Terjun Alogan. Bisa dilihat betapa sebenarnya air terjun ini sangat layak dikunjungi. Memiliki beberapa tingkat, walau air terjun besar hanya pada dua tingkat utama. Air sejuk dan bersih, khas air terjun pegunungan. Bebatuan juga turut menghiasi. Menuju lokasi juga tidak kalah seru, melewati beberapa desa dengan bentangan alam yang ada diantaranya. Letaknya yang berada di tepi jajaran bukit barisan sudah pasti memberikan kesan yang hijau dan tenang.




Kondisi Jalan Setapak Menjelang Tiba di Lokas

Air Terjun Aloban Bair berada di Desa Aloban, Kecamatan Tapian Nauli. Secara umum orang lebih mengetahui daerah air terjun ini bernama Poriaha. Berada lumayan jauh dari jalan raya, tepatnya 8 Km dari pertigaan utama jalan lintas Sibolga - Barus. Sedangkan pertigaan itu sendiri berjarak 8.5 Km dari Kota Sibolga atau 18.5 Km dari Kota Pandan, Ibukota Tapanuli Tengah.

Apa kabar jalan menuju lokasi? Harus kuakui saat ini masih sekitar sixty - fourty : good - not good. Perlu perhatian secara menyeluruh dalam perbaikan akses menuju lokasi. Menurutku tidak perlu lebar, yang penting mulus saja. Kenyataan yang ada, beberapa bagian bisa dikatakan lumayan, namun perbaikannya terkesan putus-putus. Sebagian bagus lalu tiba-tiba rusak lalu bagus lagi.


Koordinat Lokasi : 1o 47' 22'' N, 98o 46' 38'' E
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved