-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Panjat Pinang 17 Agustus

Panjat Pinang 17 Agustus

Written By Unknown on Saturday 7 June 2014 | 11:04

Indonesia memang selalu kaya akan adat istiadat, budaya, tradisi, permainan tradisional dan berbagai pesona lain yang tidak ada di negara lain. Kali ini kita sedikit memberi perhatian pada permainan panjat pinang.

Siapa yang tidak tahu panjat pinang. Salah satu permainan sekaligus olahraga yang lekat dengan perayaan 17 Agustus atau hari kemerdekaan republik tercinta. Panjat pinang, jika tubuh seperti perangkat smartphone dengan sistem baterai cas, aku berpendapat bahwa butuh dua kali cas baterai untuk memenuhi kebutuhan energi khusus untuk tertawa saja sepanjang menyaksikan peserta beraksi menaklukkan si batang pinang nan licin. Bagiku, permainan ini benar-benar menghibur dan mengganggu stabilitas otot pipi serta perut karena kebanyakan tertawa.






Pada perhelatan panjat pinang kali ini, monggo dinikmati istimewanya aksi yang diadakan di Desa Hajoran Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Tepatnya pada 17 Agustus 2013.

Masing-masing daerah pasti memiliki persamaan dan perbedaan dalam setting panjat pinang. Bagiku, ini salah satu yang paling istimewa. Dilakukan di laut walau hanya pada kedalaman satu meter. Desa Hajoran menjadi satu tempat paling ideal dalam memenuhi syarat pelaksanaan panjat pinang di air karena kedalaman airnya cocok, jarak ke darat sekitar 30-an meter, juga letaknya yang berbatasan langsung dengan jalan raya. Sehingga masyarakat yang melintas dapat langsung menyaksikan.

Gambar di atas menjadi sepasang pohon pinang yang akan ditaklukkan. You see that. Tidak terlalu besar jika dilihat dari nominalnya. Namun, kesannya bisa sangat luar biasa.


















Beginilah sebagian kecil aksi yang dilakukan peserta. Banyak ekspresi, banyak tawa, banyak teriakan, mungkin banyak kesakitan. Sementara penonton hanya bisa tertawa dan tertawa. Sesekali menahan nafas lalu merasa iba juga saat peserta harus meluncur rubuh. Lucu.

Peraturan awal sebenarnya hanya diberikan waktu 15 menit kepada satu tim yang terdiri dari maksimal 8 orang. Sayangnya itu hanya berlaku beberapa putaran saja sekalipun tim lain begitu bernafsu menaklukkan tak jua mampu. Jam berganti jam, satu tim bergabung dengan tim lainnya. Bahkan akhirnya tidak ada lagi tim karena semua telah menjadi satu. Itu pun tak juga mampu menggapai puncak. Pesertapun bervariasi, mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Dengan harapan kombinasi berbagai ukuran ini akan memudahkan ambisi. Ternyata gagal.









Mungkin bukan kesengajaan secara langsung. Namun beginilah solusi akhir menaklukkan si batang pinang nan licin. Peserta berkali-kali hampir mencapai hadiah, namun pondasi manusia tidak kuat, rubuh. Entah bentuk kasihan dari si batang pinang, akhirnya dirinya pura-pura menyerah dengan melonggarkan injakannya ke dalam air. Silahkan nikmati panen raya ini.

Ekspresi bahagia terpancar saat mereka berhasil memperoleh buah dari usahanya. Itupun harus berbagi dengan peserta lain. Tidak jarang justru hanya jadi tim penggembira karena kala rebutan.
















Jika batang pinang pertama rubuh lebih dikarenakan kecelakaan, tidak dengan pinang kedua. Peserta yang mungkin sudah frustasi memang menyengaja menumbangkan batang pinang sebagai strateginya. Mau bagaimana lagi, panitia awalnya juga melarang. Akan tetapi, lama tidak terselesaikan, kasihan juga para peserta. Finally, monggo segala cara.

Overall, aku sangat menikmati sekitar 2-3 jam menyaksikan pertunjukan gratis dan menyenangkan ini. Begitu pula pengunjung lain. Sangat menghibur sekalipun matahari sedikit menyengat. Selain objek yang istimewa, suasana pantainya juga memberi tambahan amunisi keindahan. Meskipun hadiah tidak seberapa, harga kesenangan dan keseruannya lebih dari angka.

Tidak semua tempat memiliki gaya seperti ini. Jadi, tidak salah jika 17 Agustus berikutnya layak kesini lagi. Panjat pinang dalam air ini sudah menjadi rutinitas tahunan di daerah ini. Perfecto.
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved