-Thank You for Visiting-
Home » , , , » Air Terjun SKPC, Subulussalam - Aceh

Air Terjun SKPC, Subulussalam - Aceh

Written By Unknown on Monday 9 February 2015 | 11:11


Air terjun ini yang menjadi tujuan perjalanan ketika berada di daerah Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Awalnya aku sedikit heran dan merasa ada yang salah dengan ucapan orang saat menyebutkan nama air terjun ini. Apakah aku salah dengar atau mereka salah ucap. Ternyata tidak. Terang saja, nama air terjun ini disebut masyarakat dengan nama Air Terjun SKPC. Ya, SKPC. Agak aneh bukan.

Aliran Pintu Masuk Air Terjun











Untuk mencapai dasar air terjun harus menuruni sekitar 100 anak tangga dengan kondisi anak tangga yang cukup licin karena hampir selalu basah atau lembab. Pelan-pelan menyisir sisi tebing sebelah kiri dan si air terjun sebelah kanan.


Sungai ini merupakan bagian perairan utama yang sekaligus menjadi penampung hempasan air terjun. Bersih, bening dan cukup deras dengan bebatuan menghiasi.

Ada Capung Sedang PDKT


Nama Air Terjun SKPC berasal dari nama daerah kawasan transmigrasi Satuan Kawasan Pemukiman (SKP-C). Tampak dari keberadaan air terjun ini dikelilingi perkebunan kelapa sawit dan salak pondoh milik masyarakat transmigran setempat. Air terjun menjadi cukup istimewa karena berada di tengah-tengah perkebunan namun memiliki pesona indah.


Saya Suka Gambar Selfie Aneh ini :)

Penampakan Posisi Air Terjun dan Tangga Turun



Ada satu hal unik yang bisa kukomentari dari air terjun ini. Keunikan yang mungkin sangat jarang dimiliki air terjun lain. Jika kebanyakan air terjun dijelajahi dari bawah ke atas, berbeda dengan si SKPC ini. Sebaliknya, dari atas ke bawah. Pun begitu sebenarnya tidak mengurangi keindahannya. Seperti kata diawal, aku menyebutnya unik. Sekilas tampak hebat orang yang mampu mencapai puncaknya, padahal puncaknya merupakan titik awal.



Air Terjun SKPC terletak di Desa Penuntungan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Berjarak sekitar 8 Km dari pusat Kota Subulussalam. Dari persimpangan jalan utama sendiri berjarak lebih kurang 3 Km. Ketinggian air terjun berkisar 20 meter. Itu cukup tinggi karena bukan merupakan bagian perairan utama.

Berbicara tentang fasilitas yang ada memang masih minim. Hanya ada beberapa gazebo untuk beristirahat. Untuk menjaga tetap asri sebenarnya tidak masalah jika fasilitas tepat di sekitar air terjun tidak terlalu ramai, mungkin sedikit sentuhan fasilitas mushola, kamar mandi atau tempat makan jika yang datang adalah keluarga.


Koordinat Lokasi : 2° 38' 53" N, 98° 2' 15" E
Share this article :

0 comments:

Watch Your Time

Check this All Label

Visitor

Flag Counter
 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. LifeIsAStoryOfJourney - All Rights Reserved